Logo

Pelayanan Utama

Komponen standar pelayanan yang terkait dengan proses
penyampaian pelayanan

Lihat Pelayanan Utama

Penilaian Manufacturing

Komponen standar pelayanan yang terkait proses
pengelolaan pelayanan internal organisasi

Lihat Pelayanan Manufacturing

Pelayanan Manufacturing Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Dasar Hukum
Undang-Undang Nomor 23 / 2006

Tentang Administrasi Kependudukan

Dasar Hukum
Undang-Undang Nomor 24 / 2013

Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan;

Dasar Hukum
Peraturan Pemerintah Nomor 37 / 2007

Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan

Dasar Hukum
Peraturan Pemerintah Nomor 102 / 2012

Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan

Dasar Hukum
Peraturan Daerah Nomor 08 / 2012

Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.

Dasar Hukum
Peraturan Walikota Bandung Nomor 001 / 2010

TENTANG PROSEDUR DAN TATA CARA PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

Dasar Hukum
Peraturan walikota Bandung Nomor 1338 / 2014

TENTANG RINCIAN TUGAS POKOK, FUNGSI, URAIAN TUGAS DAN TATA KERJA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDUNG

Dasar Hukum
PP101 / 2015

keterangan test

Dasar Hukum
Peraturan Daerah Nomor 5 / 2013

PERUBAHAN KEDUA ATAS PERATURAN DAERAH KOTA BANDUNG NOMOR 13 TAHUN 2007 TENTANG PEMBENTUKAN DAN SUSUNAN ORGANISASI DINAS DAERAH KOTA BANDUNG

Dasar Hukum
PERMENPAN RB Nomor 15 / 2014

Pedoman Standar Pelayanan

Dasar Hukum
Undang-Undang Nomor 25 / 2009

Pelayanan Publik

Dasar Hukum
Peraturan Daerah No 4 / 2015

PERUBAHAN ATAS PERATURAN DAERAH KOTA BANDUNG NOMOR 08 TAHUN 2012 TENTANG PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN.

Dasar Hukum
Peraturan Presiden No 96 / 2018
Dasar Hukum
Perpres No 25 / 2008

PERSYARATAN DAN TATA CARA PENDAFTARAN PENDUDUK DAN PENCATATAN SIPIL

Dasar Hukum
PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI REPUBLIK INDONESIA / 2016

PERUBAHAN KEDUA ATAS PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 9 TAHUN 2011 TENTANG PEDOMAN PENERBITAN KARTU TANDA PENDUDUK BERBASIS NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN SECARA NASIONAL

Dasar Hukum
PERATURAN WALIKOTA BANDUNG NOMOR 1410 / 2016

PERSYARATAN DAN TATA CARA PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

Dasar Hukum
PERATURAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DA / 2017

PEDOMAN PENILAIAN KINERJA UNIT PENYELENGGARA PELAYANAN PUBLIK

Dasar Hukum
PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI REPUBLIK INDONESIA / 2019

PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN SECARA DARING

Dasar Hukum
PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI REPUBLIK INDONESIA / 2019

PEMBERIAN HAK AKSES DAN PEMANFAATAN DATA KEPENDUDUKAN

Dasar Hukum
PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI REPUBLIK INDONESIA / 2019

PENDOKUMENTASIAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

Dasar Hukum
PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI REPUBLIK INDONESIA / 2019

PERATURAN PELAKSANAAN PERATURAN PRESIDEN NOMOR 96 TAHUN 2018 TENTANG PERSYARATAN DAN TATA CARA PENDAFTARAN PENDUDUK DAN PENCATATAN SIPIL

Dasar Hukum
PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI REPUBLIK INDONESIA / 2019

FORMULIR DAN BUKU YANG DIGUNAKAN DALAM ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

Dasar Hukum
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 40 T / 2019

PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2006 TENTANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN SEBAGAIMANA TELAH DIUBAH DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 24 TAHUN 2OI3 TENTANG PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2006 TENTANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

Dasar Hukum
PERATURAN WALI KOTA BANDUNG NOMOR 7 TAHUN 2022 / 2022

PEMBERIAN HAK AKSES DAN PEMANFAATAN DATA KEPENDUDUKAN

Sarana
RUANG INFORMASI DAN PENGADUAN MASYARAKAT
Baik

Ruangan ini terletak tepat didepan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang berfungsi sebagai Ruang informasi dan Pengaduan Masyarakat khususnya didalam rangka pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.

Sarana
LOKET / MEJA PELAYANAN
Baik

Ruangan ini terdiri dari 13 Loket Layanan, dengan sistem antrian dan ruang tunggu yang nyaman.

Sarana
SARANA PENDAFTARAN DAN PEMANGGILAN ANTRIAN
Baik
Sarana
RUANG TUNGGU
Baik
Sarana
TOILET
Baik
Sarana
PENDINGIN RUANGAN / AC
Baik
Sarana
TELEVISI
Baik
Sarana
TEMPAT DUDUK
Baik
Sarana
ANJUNGAN INFORMASI
Baik
Sarana
GEDUNG KANTOR DISDUKCAPIL
Baik
Sarana
MOBIL LAYANAN KELILING
Baik
Sarana
CHARGING STATION DAN KOTAK SARAN
Baik
Sarana
MUSHOLA DAN TEMPAT WUDHU
Baik
Sarana
SMOKING AREA
Baik

SMOKING AREA TERLETAK DI LUAR AREA KANTOR

Sarana
TEMPAT PARKIR
Baik
Sarana
RUANG KHUSUS IBU MENYUSUI DAN ANAK (LACTATION ROOM)
Baik

Ruangan ini khusus terletak di lantai satu Gedung Disdukcapil, diperuntukan bagi Ibu-Ibu yang membawa Bayi, sambil menunggu proses layanan Adminduk

Sarana
LOKET KHUSUS LANSIA DAN DIFABEL
Baik

Loket ini khusus untuk layanan pengambilan Akta yang diposisikan ke arah luar sehingga memudahkan warga masyarakat untuk menerima akta yang sudah selesai.

Sarana
JALUR PEMANDU
Baik

Jalur ini dibuat untuk mengarahkan warga menuju ke tempat layanan Administrasi Kependudukan

Sarana
Pegangan Rambatan
Baik
Sarana
TOILET KHUSUS
Baik
Sarana
TEMPAT BERMAIN ANAK
Baik
Sarana
PARKIR KHUSUS DIFABEL
Baik
Tata Tertib & Kode Etik

KODE ETIK PEGAWAI DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA BANDUNG

 

Kami Pegawai di Lingkungan Pemerintah Kota Bandung akan bersungguh-sungguh mentaati dan menjalankan Kode Etik kami sebagi berikut :

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; 
  2. Setia dan taat kepada Negara Kesatuan dan Pemerintahan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945;
  3. Tanggap, terbuka, jujur dan akurat serta tepat waktu dalam melaksanakan setiap kebijakan dan program pemerintah; 
  4. Memiliki integritas tinggi dan tidak menyalahgunakan jabatan dan wewenang; 
  5. Saling menghormati, mampu bekerjasama, menciptakan suasana dan hubungan kerja yang harmonis sesama pegawai;
  6. Memberikan pelayanan secara cepat, tepat, terbuka, dan adil serta tidak diskriminatif;
  7. Senantiasa berfikir positif, kreatif, responsive, dan inovatif untuk kelancaran dan peningkatan kualitas pelaksanaan tugas; 
  8. Profesionalisme dan selalu berusaha untuk mencapai hasil yang terbaik bagi masyarakat dan Pemerintah Kota Bandung.
SI Pelayanan Publik

WEBSITE DISDUKCAPIL

SI Pelayanan Publik

MEDIA SOSIAL DISDUKCAPIL

SI Pelayanan Publik

INFORMASI NON ELEKTRONIK

SI Pelayanan Publik

PAMFLET

SI Pelayanan Publik

ANJUNGAN INFORMASI

SI Pelayanan Publik

RUANG GALLERY DISDUKCAPIL

Visi Misi & Motto

Terwujudnya Pelayanan Prima melalui Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan Menuju Bandung yang Unggul, Nyaman dan Sejahtera

Mewujudkan Pengelolaan Administrasi Kependudukan yang Akurat, Tertib dan Aman

Kepuasan Anda Kebanggaan Kami

Maklumat

 

DENGAN INI, KAMI SELURUH PENYELENGGARA

DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDUNG

MENYATAKAN SANGGUP MENYELENGGARAKAN PELAYANAN

SESUAI STANDAR PELAYANAN YANG TELAH DITETAPKAN

DAN APABILA TIDAK MENEPATI JANJI, SIAP MENERIMA SANKSI

SESUAI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU